28 August 2014

Panglima TNI Terima Tim Terpadu Gunung Padang, Siap Bantu Eskavasi

Senin, 25/08/2014 15:55 WIB

Panglima TNI Terima Tim Terpadu Gunung Padang, Siap Bantu Eskavasi

Dhani Irawan - detikNews

Jakarta - Panglima TNI Jenderal Moeldoko menerima tim terpadu riset mandiri Gunung Padang. Moeldoko menyampaikan kalau TNI siap memberikan bantuan untuk eskavasi situs.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Kementerian terkait dan sudah disampaikan kepada Presiden RI, selanjutnya TNI akan membantu personel dan materiil untuk kegiatan percepatan pemugaran situs Gunung Padang" kata Moeldoko dalam keterangannya seperti disampaikan Puspen TNI, Senin (25/8/2014).

Moeldoko menrima tim terpadu di Mabes TNI Cilangkap, antara lain Dr Danny Hilman yang mewakili staf khusus presiden Andi Arief.

Danny Hilman dalam paparannya menjelaskan bahwa situs prasejarah Gunung Padang mulai ramai dibicarakan publik setelah Tim Terpadu Riset Mandiri yang diinisiasi oleh Andi Arief, telah menemukan bangunan yang tertimbun di bawah situs Gunung Padang yang terletak di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Cianjur, Jawa Barat.

"Tim tersebut terdiri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian ESDM, Gubernur Jawa Barat, Bupati Cianjur dan TNI Angkatan Darat. Nantinya, situs Gunung Padang akan dimanfaatkan untuk kepentingan edukasi dan juga obyek wisata," jelas Danny.

Lebih lanjut Danny menyampaikan, Gunung Padang adalah kunci pembuka misteri leluhur bangsa dari zaman es. Situs bangunan Gunung Padang adalah aset negara yang sangat penting untuk revitalisasi sejarah dan jati diri bangsa, juga kemungkinan mengandung warisan berharga lainnya. Oleh karena itu layak untuk dijadikan asset vital strategis.

sumber : http://news.detik.com/read/2014/08/25/155518/2671851/10/panglima-tni-terima-tim-terpadu-gunung-padang-siap-bantu-eskavasi?nd772204btr