28 August 2014

TNI Bantu Percepat Pemugaran Gunung Padang

TNI Bantu Percepat Pemugaran Gunung Padang

Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) Gunung Padang bertemu Panglima TNI.

ddd
Senin, 25 Agustus 2014, 16:09
Panglima TNI Jenderal Moeldoko menerima Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) Gunung Padang yang dipimpin oleh Dr. Danny Hilman (tengah), Senin (25/8/2014).
Panglima TNI Jenderal Moeldoko menerima Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) Gunung Padang yang dipimpin oleh Dr. Danny Hilman (tengah), Senin (25/8/2014). (Puspen TNI)
VIVAnews - Panglima TNI Jenderal Moeldoko menerima 12 anggota Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) Gunung Padang yang dipimpin oleh Dr. Danny Hilman, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin 25 Agustus 2014.

Panglima TNI didampingi Kasum TNI, Asintel Panglima TNI, Asops Panglima TNI, Aster Panglima TNI dan Kapuspen TNI.

Dalam paparannya yang bertema "Bersama TNI Menggali Warisan Leluhur Untuk Merevitalisasi Sejarah dan Jatidiri Bangsa” di hadapan Panglima dan jajarannya, Danny menjelaskan perihal situs prasejarah Gunung Padang.

Kata Danny, situs prasejarah Gunung Padang mulai ramai dibicarakan publik setelah Tim Terpadu Riset Mandiri yang diinisiasi oleh Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana, Andi Arief, telah menemukan bangunan yang tertimbun di bawah Gunung Padang.

"Tim tersebut terdiri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian ESDM, Gubernur Jawa Barat, Bupati Cianjur dan TNI Angkatan Darat. Nantinya, situs Gunung Padang akan dimanfaatkan untuk kepentingan edukasi dan juga obyek wisata," kata Danny.

Lebih lanjut, Danny menyampaikan, gunung yang terletak di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Cianjur, Jawa Barat ini adalah kunci pembuka misteri leluhur bangsa dari zaman es. [Baca Situs Gunung Padang Ada Sejak Zaman Es?]

Situs bangunan Gunung Padang adalah aset negara yang sangat penting untuk revitalisasi sejarah dan jati diri bangsa, juga kemungkinan mengandung warisan berharga lainnya. Oleh karena itu, kata dia, layak untuk dijadikan aset vital strategis.

Sementara itu, Panglima TNI mengatakan bahwa TNI sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh TTRM Gunung Padang selama ini.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Kementerian terkait dan sudah disampaikan kepada Presiden. Selanjutnya TNI akan membantu personel dan materiil untuk kegiatan percepatan pemugaran situs Gunung Padang," kata Panglima TNI.


© VIVA.co.id 

Sumber : http://nasional.news.viva.co.id/news/read/531942-tni-bantu-percepat-pemugaran-gunung-padang