20 March 2012

Tim Terpadu Eskavasi Piramida Gunung Padang di Sambut Gubernur Jabar

Senin, 19 Maret 2012 13:09


Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam, Andi Arief hari ini berkomunikasi dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan terkait temuan di Situs Megalitikum Gunung Padang oleh Tim Katatropik Purba baru-baru ini yang menarik perhatian masyarakat luas. Menurut Heryawan, dalam waktu dekat akan diadakan Rapat Koordinasi di Pemprov Jabar sebagai lanjutan dari Rapat Koordinasi di Pemkab Cianjur terkait temuan tersebut dengan melibatkan muspida, tokoh masyarakat, akademisi serta budayawan. Rapat koordinasi tersebut sebagai tindak lanjut untuk kesiapan Pemda Jabar dalam rangka rencana eskavasi yang akan dilakukan oleh tim terpadu terhadap temuan Piramida di situs Gunung Padang.

Dalam kesempatan tersebut, Heryawan juga menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada Tim Katastropik Purba karena untuk saat ini saja, dampak secara langsung kepada masyarakat terlihat jelas dengan meningkatnya kunjungan Wisatawan Mancanegara dan Domestik ke daerah situs sampai lebih dari 1000 orang pada setiap harinya.

Sementara Andi Arief menyampaikan bahwa dengan dukungan jajaran pemerintahan propinsi jabar, pemkab Cianjur, serta masyarakat Jabar dan seluruh masyarakat indonesia tentu akan sangat membantu percepatan eskavasi piramida gunung padang serta beberapa tempat lainnya. "Menindaklanjuti temuan Tim Katastropik Purba di Gunung Padang, Kemendikbud telah membentuk tim terpadu dibawah koordinasi Arkenas dan akan mulai bekerja pada tanggal 29 Maret 2012." Tutur Andi.

Sebagai informasi, penemuan di situs Gunung Padang merupakan sebagian temuan Tim Bencana Katastropik Purba yang dibentuk Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam, Andi Arief. Tim beranggota sembilan orang dari berbagai disiplin ilmu, seperti geologi, geofisika, paleotsunami (ilmu tsunami purba), paleosedimentasi, geodinamika, arkeolog, filolog (ahli naskah kuno), dan antropolog.

Sumber : http://www.sigapbencana-bansos.info/berita/20355-tim-terpadu-eskavasi-piramida-gunung-padang-di-sambut-gubernur-jabar.html